Rangkuman Bab III

Pengertian Teknologi & Komunikasi : Fungsi Tujuan dan Perkembangan -  Jagad.id

Peran TIK dalam Kehidupan Manusia 

Qatrin Nada Andina 8E/26

Selain aplikasi-aplikasi, layanan yang disediakan oleh berberapa organisasi juga berguna.

 

Teknologi Dasar

 

1.     Machine Learning, 

Suatu Teknik untuk menganalisis data yang mengajarkan komputer berperilaku atau berpikir layaknya manusia/binatang, yaitu belajar dari pengalaman. Dapat digunakan dalam berbagai bidang:

-       Komputasi keuangan untuk analisis kredit dan algoritma transaksi dipasar saham

-       Pengolahan gambar dan computer vision untuk pengenalan wajah, pendeteksi gerakan, dan pendeteksi objek,

-       Komputasi biologi untuk mendeteksi tumor, penemuan obat, dan pengurutan DNA,

-       Produksi energi untuk penentuan harga dan perkiraan kebutuhan masa depan.

-       Otomotif untuk memprediksi jadwal dan kebutuhan pemeliharaan,

-       Pemrosesan bahasa natural untuk aplikasi pengenalan suara.

 

2.     Computer Vision,

Bagian dari AI yang mengembangkan teknik untuk membantu komputer dapat melihat dan memahami konten gambar digital. Ini dapat digunakan untuk berberapa tujuan:

-       Klasifikasi objek,

-       Identifikasi objek,

-       Verifikasi objek,

-       Deteksi objek,

-       Deteksi landmark (poin utama) objek,

-       Segmentasi objek,

-       Pengenalan objek.

 

3.     Natural Language Processing (NLP)

Bagian dari AI yang memungkinkan suatu mesin membaca, memahami, dan mengetahui arti bahasa manusia. Teknologi NLP dapat diterapkan dalam berbagai aplikasi:

-       Chatbot,

-       Program translate,

-       Analisis sentiment,

-       Search auto-complete,

-       Descriptive analytic,

-       Search auto-correct,

-       Form spelling check.

 

4.     Jaringan 5G,

Generasi ke-5 dari teknologi jaringan mobile dan merupakan evolusi yang terbesar. 5G dapat dengan cepat menghubungkan masyarakat modern. Ada 3 kategori penggunaan teknologi 5G:

-       Komunikasi mesin ke mesin secara masif,

-       Komunikasi ultra-reliable dengan latensi rendah,

-       Meningkatkan layanan telepon mobile.

 

5.     Internet of Things (IoT),

Teknologi yang memungkinkan berbagai perangkat terhubung ke jarigan internet, di mana perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk mengirimkan data ke dan menerima data dari internet.

 
Aplikasi Teknologi

 

1.     Electronic Commerce (e-commerce),

Perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Keuntungan yang dapat diperoleh:

-       Perusahaan dapat menjual produknya ke lebih banyak orang,

-       Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi,

-       Mengurangi biaya keluar sewa dan gaji,

-       Harga produk dapat menurun,

-       Meningkatkan daya saing perusahaan,

-       Konsumen tidak harus mendatangi took,

-       Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi,

-       Konsumen mendapat lebih banyak pilihan,

-       Dapat lebih mudah impor barang.

 

2.     Pembayaran Online,

Layanan di internet yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara online ketika melakukan transaksi di internet.

 
3.     Internet Banking dan SMS Banking,

Internet Banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. SMS Banking adalah layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS.

 

4.     Pembayaran Digital,

Metode transaksi/pembayaran untuk barang atau jasa melalui media digital/elektronik, tanpa melibatkan alat pembayaran cek atau uang tunai. Digunakan dalam,

-       Aplikasi pembayaran mobile (menggunakan smartphone),

-       Uang digital/cryptocurrencies,

-       Aplikasi pembayaran dari media sosial.

 

5.     E-Government,

Memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan layanan pemerintah untuk masyarakat:

-       Meningkatnya layanan kepada masyarakat,

-       Meningkatnya hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat,

-       Tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat,

-       Hilangnya birokrasi.

Contoh penggunaan:

-       Layanan pengajuan paspor online dan layanan legalisasi dokumen dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia,

-       Layanan legalisasi dokumen dan pengaduan dari KLN,

-       Sistem pengolahan Keuangan Daerah, e-SDM, e-Monitoring, e-Education, e-Permit, e-Office, e-Health, e-Dishub, Media Center, dan SSB,

-       Sistem e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Planning, e-Procurement, serta e-Monev,

-       Sistem BSC dll

-       Aplikasi Hibah Bansos, Perizinan Online, dan E-RK

 

6.     Transportasi Berbasis Online,

Aplikasi yang memungkinkan memesan layanan tranportasi secara online melalui aplikasi dan genggaman HP.

 

7.     Telepon Seluler (Ponsel)

Suatu teknologi yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia dalam menjadi alat komunikasi, hiburan, kerja, dll. Saat ini, teknologi merupakan smartphone.

 

8.     E-Health,

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Peran dlm komunikasinya:

-       Administrasi

-       Perawatan pasien langsung

-       Engineering/information systems/information and communications technology

-       Informatika

-       Penelitian/biomedicine

Berikut ada contoh layanan E-Health,

1)    Konsultasi Dokter Online

2)    Electronic Health Record (EHR)

3)    Clinical Decision Support System (CDSS)

4)    WebMD Pain Coach

5)    Glucose Buddy

6)    uChek

7)    Clinical Trial Seek

8)    Healthy Heart 2

9)    Kardia Mobile (EKG)

10) CDC

11) Operasi Jarak Jauh

 

9.     Mobil Self-Driving,

Memungkinkan kendaraan bergerak sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi.

 

10.  Media Sosial,

Inilah prediksi tren media sosial 2020 yang perlu kamu ketahui

Saluran komunikasi kolektif yang dilakukan secara online dan memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi berbagi konten, dan berkolaberasi dalam komunitas. Media sosial dapat membawa banyak manfaat seperti akses pada budaya lain, penyediaan informasi, mengekspresikan diri, dll. Hanya tetapi, media sosial dapat membawa dampak buruk juga: Spam, Cyberbullying/Cyberstalking, memanipulasi jati diri, informasi yang berlebihan, hoaks, Privacy/Security, penipuan, Phubbing,kencanduan dan gangguan Kesehatan, ujaran kebencian, pengancaman, konten negative, penghinaan dan pencemaran nama baik, pemerasan, dll. Oleh karena itu, diperlukan etika dalam penggunaan media sosial:

-       Menjaga privasi,

-       Hati-hati mengunggah sesuatu,

-       Memberi komentar yang wajar,

-       Menggunakan bahasa yang baik,

-       Tidak menyebar konten negatif,

-       Menghargai karya orang lain,

-       Tidak menyebar hoaks,

-       Menggunakan etika komunikasi yang baik.

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi BTIK Bab 4

Etika Bermedia Sosial

Rangkuman Bab 4