Tugas Essay
Qatrin Nada Andina 8E/26
1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?
Algoritme adalah kumpulan Langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu perkerjaan/persoalan. Merancangnya harus dengan Bahasa/format yang diakui/gunakan computer agar bisa diterjemah dan dimengerti oleh computer.
2. Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!
· Pseudocode, rangkaian instruksi yang mengambarkan Langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan.
· Flowchart, diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan symbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang berbeda.
3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!
1. Membuka program Robomind
2. Membuat berberapa procedure jika perintah tersebut berulang-ulang
c/o
#Membuat Kotak
Procedure K ()
{
PaintWhite
Forward (3)
Right
Forward (3)
Right
Forward (3)
Right
Forward (3)
StopPainting
}
3. Tambahkan kode lain untuk menyelesaikan algoritme,
c/o
Start
#Membuat Kotak
Procedure K ()
{
PaintWhite
Forward (3)
Right
Forward (3)
Right
Forward (3)
Right
Forward (3)
StopPainting
}
K ()
Forward (4)
K ()
End
4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
Variable adalah objek yang menyimpan suatu nilai dan besar nilai tersebut dapat berubah-ubah. Sedangakan tipe data/string menyimpan nilai berupa teks. c/o “Anda Kalah”.
5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
1. Tambahkan variable sesuai yang diinginkan
2. Tuliskan input untuk mengatifkan kode yang memiliki variable
3. Jalankan program yang dibuat
6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!
“SAY”- menampilkan teks
“ASK”- menampilkan teks pertanyaan
“IF, THEN”- memanalisa teks
7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!
Numerik merupakan data angka, sedangkan teks adalah teks/huruf.
8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!
Start
Prosedur A ()
{
PaintWhite
Forward (2)
Right
Forward (2)
Right
Forward (2)
Backward
Right
Forward (2)
StopPainting
}
Forward (1)
Left
Forward (8)
Right
#Huruf N
PaintWhite
Forward (2)
Right
Forward (1)
Right
Forward (2)
Left
Forward (1)
Left
Forward (2)
Right
Forward (1)
Right
Forward (2)
StopPainting
Left
Forward (3)
A ()
Left
Forward (3)
#Huruf D
PaintWhite
Left
Forward (3)
Right
Forward (2)
Right
Forward (3)
Left
Forward (2)
Backwards
StopPainting
Forward (3)
A ()
End
9. Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!
Untuk menyimpan nilai “True”/”False”.
10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.
Start
Forward (1)
Left
Forward (8)
Right
#Huruf Q
PaintWhite
Forward (2)
Right
Forward (2)
Right
Forward (2)
Right
Forward (2)
Backwards
Forward (1)
StopPainting
Forward (2)
#Huruf N
PaintWhite
Forward (2)
Right
Forward (1)
Right
Forward (2)
Left
Forward (1)
Left
Forward (2)
Right
Forward (1)
Right
Forward (2)
StopPainting
#Huruf A
PaintWhite
Forward (2)
Right
Forward (2)
Right
Forward (2)
Backward
Right
Forward (2)
StopPainting
End
Komentar
Posting Komentar