Acara Ceramah Umum dan Digital Labs

 29 September 2020

 

Assalamualaikum wr wrb.

 

Hai! Saya Qatrin Nada Andina dari kelas 8E absen 26 ingin bercerita tentang acara pada tanggal 29 September tahun 2020. Pada hari itu, diadakan acara Cermah Umum dan Digital Labs yang diselenggarakan oleh POMG SMP Labschool Jakarta. Acara ini dilaksanakan setiap tahun dengan topik yang berbeda-beda yang sangat relevan pada saat penyelenggaraan. Tahun ini, pelaksanaan acara sangatlah berbeda dengan tahun sebelumnya. Semua kegiatan acara dilakukan melalui apl]ikasi Zoom. Zoom termasuk aplikasi meeting/online daring yang sering digunakan sekolah. Sekolah kami termasuk sekolah yang menggunakan aplikasi Zoom untuk pembelajaran dari rumah. 

 

Pada jam 7:00 pagi, acara dimulai dengan pembukaan yang disambut oleh Ketua POMG SMP Labschool, Dr. Deny Aryasari, M.Kes, Kepala Sekolah SMP Labschool, Drs. Asdi Wiharto, dan Kepala BPS Larboratorium UNJ, Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd. Dibawa juga oleh MC dari Humas OSIS GADHIWARA SMP Labschool Jakarta, Chyquita. Berikutnya, kami dipisah dalam breakout room sesuai kelas/Angkatan 7 (29), 8 (28), 9 (27). Ditambah lagi nama kami harus diatur sesuai format agar bisa dipindahkan dalam ruangan breakout.



Acara pertama, Ceramah Umum dengan pembicara Firman Ramdhani, M.Psi, Psikolog (kelas 8/Angkatan 28). Beliau menceritakan tentang bahaya Internet, terutama oleh sosial media. Sebelum setiap topik, kami diberi pertanyaan yang bisa di jawab dalam aplikasi Menti. Menti adalah aplikasi dimana kita bisa membuat quiz/survey secara online yang mudah diakses/dijawab orang lain. Pertanyaanya menarik dan menunjukan efek dan opini siswa kelas 8 dari SMP Labschool Jakarta. Salah satu contoh dari pertanyaan Kak Firman Ramdhani adalah “Apakah yang dikatan Orang tua anda jika mereka membaca search history anda”. Materi Kak Firman diiringi oleh grafik-grafik yang menarik. Materi yang disampaikan amatlah menarik dan bermanfaat bagi remaja karena dapat menyadarkan bahaya Internet. Selesai acara Ceramah Umum pada jam 9:30, kami diberi istirahat 30 menit sampai jam 10:00.



Acara kedua adalah acara Digital Labs. Dalam acara Digital Labs terdapat dua pembicara, Ibu Ninin Musa, produser film, dan Bapak Deswara Aulia, praktisi online dan online marketing. Ibu Ninin sudah sering membuat film di Indonesia, dan sering kalinya membuat film dengan tema horror atau film tegang/thriller. Ibu Ninin menceritakan pengalaman ia sebagai produser dan membagi berberapa tips dalam membuat film. Kami diberi waktu untuk bertanya dan mulailah masuk dalam chat pertanyaan yang menarik semua. Pembicara kedua, Bapak Deswara Aulia, juga menceritakan pengalaman membuat film, dan ia memiliki bakat spesial dalam film animasi/memiliki unsur animasi (CGI graphics). Beliau menjelaskan secara rinci aspek-aspek dalam film dan teknik-teknik umum dalam membuatnya. Pada akhir materi, kami diberi tugas/kompetisi dalam membuat kampanye singkat tentang penggunaan masker yang memiliki aspek yang sudah dijelaskan. Jenis video yang disarankan adalah selfie-video, dimana kamera berarah ke kita dan kita menjelaskan tentang pengunaan masker dengan judul yang menarik. Video akan dinilai dan pemenangnya (dari video terbaik) akan mendapat hadiah menarik yang dikirim ke rumah secara langsung. Bagian kedua acara selesai pada pukul jam 12:00.


 

Pada kegiatan diatas, diadakan juga tantangan untuk bertanya pada setiap kelas. Tujuh orang dari setiap angkatan (28 dan 29) akan mendapat kesempatan untuk menang dengan cara bertanya  dan barang siapa yang memiliki pertanyaan terbaik akan diberi top-up­ gopay/OVO senilai Rp. 100.000. Alhamdulilah, saya termasuk salah satu pemenang dari tantangan bertanya. Berikut pemenang pertanyaan terbaik adalah berikut: Aura 8B, Nabiel 8C, Hilmy 8D, Qatrin 8E, Lulu 8F, Fikri 8G, Amanda 8G, Vino 9A, Taqi 9B, Rafi 9C, Ayman 9D, Nadiv 9E, Hilal 9F, dan Nayla 9F.

https://www.instagram.com/p/CFt3nT9jTP1/?utm_source=ig_web_copy_link


contoh video kampanye: https://www.instagram.com/p/CFubF-0hZwB/

 

Hanya sampai disini hari ini,

 

Demikian,

 

Wasalamualaikum wr wrb.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi BTIK Bab 4

Etika Bermedia Sosial

Rangkuman Bab 4