Rangkuman Bab I

Qatrin Nada Andina (26) 8E

Effective Management of Complexities in the Field of Internet ...

Menggunakan Jaringan Komputer dan Internet

Internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan setiap individu. Maupun dalam bidang pendidikan sampai industri. Mengetahui pentingnya peran internet dalam dunia modern, maka haruslah kita mendalamkan pemahaman kita tentang internet.

Mengenal Internet

Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan yang sangat besar. Jaringan lokal (LAN), kota (MAN), dan wilayah tertentu (WAN) merupakan jaringan-jaringan kecil dalam internet. Internet dipakai untuk berkomunikasi dan mengakses informasi dari semua bagian dunia. Aplikasi yang sering digunakan adalah World Wide Web, disana kita dapat mendapat informasi dari halaman web menggunakan browser, yaitu aplikasi yang digunakan untuk menerjemahkan kode-kode HTML.

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lainnya. Dalam sebuah server, adanya komputer server dan komputer klien. Komputer server mempunyai fungsi untuk mengatur aliran data dalam jaringan dan juga sebagai penyedia sumber daya yang dibutuhkan komputer klien. Jika terhubung ke internet, maka komputer server berfungsi sebagai gateway dan menyimpan halaman web dari situs web. Komputer klien merupakan komputer yang menerima pelayanan. Jaringan komputer sering sekali dipakai karena bisa membagi sumber daya, menghemat uang, memiliki reliabilitas tinggi, dan dapat digunakan sebagai sarana komunikasi. 

Sekarang kita bisa melihat tipe jaringan. Adanya jaringan kabel, yaitu jaringan komputer dihubungkan secara fisik meggunakan kabel-kable jaringan, dan jaringan nirkabel, jaringan komputer yang dihubungkan dengan gelombang elektromagnetik. Jika dilihat dari luas wilayah, maka ada Local Area Network (LAN), dalam satu lokasi, Metropolitan Area Network (MAN), lebih besar dari LAN atau sekumpulannya, Wide Area Network (WAN), area sangat luas dari segi geografis. Internet termasuk jaringan yang mencakup seluruh dunia, intranet sama seperti internet tetapi dimiliki sebuah organisasi dan tidak terbuka untuk umum.

Berhubung ke internet juga mempunyai banyak faktornya. Kecepatan akses internet, atau bandwith, diukur dengan banyaknya data (bit) yang dapat dilewatkan dalam satuan waktu tertentu. Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan jasa layanan koneksi internet. Jika ISP tidak sampai pada suatu daerah, maka dipakai satelit. Satelit dapat mengirim dan menangkap pesan melalui luar angkasa menggunakan gelombag elektromagnetik.

Berbagai Aplikasi dan Layanan Internet

Ada berberapa aplikasi yang muncul dalam perkembangan internet. Salah satunya ada Discussion Board dan Newsgroup, bisa digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna dalam suatu forum. World Wibe Web merupakan aplikasi yang menyimpan informasi dalam bentuk dokumen dan disebut halaman web. Electronic Mail (Email) dan Mailing List adalah aplikasi memberi sarana komunikasi surat-menyurat secara elektronik. Weblog atau blog sama dengan halaman web hanya tapi untuk menyampaikan informasi dan memberi jasa dari suatu organisasi. Jejaring sosial merupakan tempat penguna dapat saling terkoneksi, berinteraksi, dan berbagi informasi, hanya di media sosial dapat berbagi tanpa terkoneksi. Cloud adalahruang penyimpanan di internet.

Komunikasi dan Keamanan Data

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan. Protokol merupakan aturan-aturan yang membuat komputer-komputer saling mengerti satu dengan lainnya. Keamanan data hrus diperhatikan karena jaringan yang dipakai rawan dicuri/manfaatkan. Hacking itu usaha mencuri data dengan memasuki jaringan secara ilegal, Cracking merupakan hal yang sama hanya tetapi bertujuan untuk merusak data tersebut. Ada juga namanya social engineering dimana pelaku dapat membuat sebuah skenario yang mengakibatkan korban memberi informasi yang diinginkan pelaku.

Banyak sekali teknik pencurian yang digunakan: Eavesdropping adalah intersepsi yang dilakukan lansung/real-time terhadap informasi pribadi, Snooping hampir sama, tetapi tidak terbatas dengan keadaan langsung. Spoofing adalah tindakan penyusupan jaringan di internet dengan cara memalsukan IP adress, setelah itu sebuah serangan. Phising adalah cara pencurian data yang menggunakan halaman web palsu yang digunakan untuk mendapat informasi dari pengguna, sama dengan phising, farming membuat para korban tidak sadar karena mencuri nama domain.Spyware bisa disebut program mencurigakan yang diam-diam terinstal melalui web.

Untuk menghindari hal-hal yang dijelaskan terjadi, terdapat teknologi keamanan data. Firewall adalah suatu benteng antar jaringan komputer dan internet. Enkripsi merupakan proses menyamarkan data sehingga tidak dapat dimengerti, seni tersebut dinamakan kriptografi.
Keep on Learning Series - Wartburg College




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi BTIK Bab 4

Etika Bermedia Sosial

Rangkuman Bab 4